BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 29 Mei 2011

Sejarah Singkat Franchise

Bingung liat MC Donald hampir ada di seluruh dunia, KFC, atau bahkan yang lagi akrab-akrabnya sama anak muda Jakarta Sevel ( Seven Eleven).
yang pertama ada di benak Ajeng adalaha " WOW ! Betapa kuatanya si pemodal".
kalau kita berfikir secara orang awam dimana rata-rata pada jaman dulu bisnis dikelola oleh perseorangan tentu saja untuk punya cabang ribuan di seluruh dunia seperti MC Donald sangatlah mustahil. selain butuh modal yang kuat pemodal tunggal ini juga harus memperhitungkan resiko super besar dengan membuka cabang di negara tetangga, selain apakah cita rasa MC Donald dapat diterima oleh lidah negara yang dituju, si pemodal super kaya ini juga harus memperhitungkan sistem hukum dan aturan-aturan setiap negara yang berbeda.

Dengan ribet and besarnya resiko yang harus di tempuh tentu saja sang pemodal super kaya raya pun akan berfikir sampai ribuan kali.
Untungnya ada Franchise !
JENG JENG JENG *zoom in Zoom out"
Waralaba (Inggris: Franchising;Prancis: Franchise) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa

Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah:

Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

intinya pihak ke-2 pinjam nama perusahaan atau perseorangan pihak pertama untuk berbisnis di bidang yang sama dengan memberikan sejumlah uang atas jasa pihak pertama

Waralaba diperkenalkan pertama kali pada tahun 1850-an oleh Isac Singer, pembuat mesin jahit Singer,ketika ingin meningkatkan distribusi penjualan mesin jahitnya. Walaupun usahanya tersebut gagal, namun dialah yang pertama kali memperkenalkan format bisnis waralaba ini di Amerika Serikat.utama yang harus dimiliki satu teritori adalah kepastian hukum yang mengikat bagi franchisor maupun franchisee.
Ini dia Om Isac Singer :



nah, udah ada franchise sekarang tinggal berbisnis dengan resiko kecil, untung besar, dan terkenal seketika. ahhahhahha
selamat mencoba

thx 2 :
wikipedia.com
shvoong.com

0 comments: